Jembatan Timbang Digital Berbasis PC Dengan Akses Informasi Global

Perancangan sistem :

membuat rancangan sensor tekanan, pre amplifier, amplifier, ADC Card, dan software basis data. mengintegrasikannya kedalam sistem DAQ ( akuisisi data ) dengan metode interfacing melalui pararel port DB 25.

input data diakuisisi dan disimpan dalam database, sehingga dapat diakses sewaktu-waktu baik secara lokal menggunakan intranet maupun secara remote menggunakan internet.

blok-diagram.jpg

gambar 1. Blok diagram DAQ


dalam memahami sensor tekanan yang akan mendapatkan nilai tegangan mengacu pada prinsip dasar penggunaan strain/pressure potentiometric yang mengubah nilai tegangan dengan menggeser atau memutar potentiometer. Nilai tegangan yang dihasilkan diambil dari output jembatan wheatstone yang kemudian dikalibrasikan dengan berat benda tertentu. Untuk membangun sebuah strain gauge sederhana kita bisa melihat skematik di bawah ini :

processfig06.gif

gambar 2. strain potentiometric diagram

potentiometric-pressure-sensor-diagram.jpg

gambar 3. strain potentiometric schema

Tentunya dalam perancangan ini masih dapat banyak kelemahan.

26 thoughts on “Jembatan Timbang Digital Berbasis PC Dengan Akses Informasi Global

  1. dhe payah,, gitu aj gag ngerti
    itutuh gambar timbangan tau gag??
    truz kabel2nya tuh untuk ngukur keadaan otak kita waktu nimbang badan,,,kan ad jg tuh urang yg stress klu beratnya naek
    gitu dheee,,,

  2. Kami tertarik dengan konsep ini dan saat ini sedang merencanakan untuk mengKonversi Jembatan Timbang Analog ke Digital, lengkap dengan dokumentasi dan monitoring dari PC KOmputer.
    Bagi yang punya solusi dengan system yang sudah stabil dan feasibel dapat menghubungi kami di agoes_r@yahoo.com
    Terimakasih.

  3. wah kebetulan tuh aku mau bikin software yang pake ADC
    kalo bisa sih yang udah satu modul (ADC Card)
    belinya dimana yah

  4. Jadi konsep yang di pakai hanya merubah keluaran analog menjadi digital? sedangkan alat timbangan yang digunakan adalah alat yang sudah tersedia sebelumnya? mmm, bagus juga.
    tapi mengapa tidak menggunakan sensor tekanan saja?

  5. aku tertarik dgn alat tersebapnya ga ?tolong klo ada kirim ke email ku. trima kasih atas kerja sut,dan kebetulan aku ambil skripsi dgn tema sama. Ada artkel lengkapnya. dan simulasi alatnya ada ga?

  6. pengontrol berat pada jembatan timbang dgn menggunakan perangat PC, alatnya apa aja? dan membuat laporan dan simulasi alatnya caranya bagaimana?

  7. pak, berapa biayanya diluar konstruksi. bapak di kontrolnya saja plus pc nya? saya load cell dan Displaynya.

    oya, ada yang ahli di konstruksinya dan pondasinya ga? kita bisa kerjasama nih… kalau ada yang berminat bisa hubungi fikrikibar@gmail.com

  8. “saya pengen tahu tentang prisip kerja, skematik rangkaian, dan mekanisme alat timbangan digital secara lengkap dan detail”. mungkin bisa bantu saya kasih solusi, karena saya sangat butuh sekali, jika anda bisa bantu saya sangat berterima kasih. Sekian dan terima kasih senang berknalan dengan anda, Mohon bantuannya sekali lagi. Salam kenal anak UNAIR jurusan Fisika 2004.”Viva Himafi,…yessss!!!”

  9. aku lg nyusun ni , judulnya penggunaan strain gage sebagai sensor pengukur berat. aku bingung diperhitungannya, l,R,V udah dapat tapi berat dari bobt gak tau. jadi gimana caranya menetukan berat dari banda yang di ukur itu…….? bls ke email aku aja ya thx.

  10. Salam hanagat,
    Kebetulan saya lagi mencari alat jembatan timbang dari analog ke digital, saya ingin tahu produk yang ada buat, bisa kirim email ke saya dari spesifikasi dan tentunya harganya karena saya merencanakan akan membuat jembatan timbang untuk pengangkutan.
    terima kasih, saya tunggu segera.

  11. saya bingung dalam menghubungkan timbangan elektronik dan mikrokontroller…ada yang bisa bantu…tolong kirim ke alamat email saya y…

  12. Halo.. perkenalkan saya Yudi Ismono, apabila sdr, Bapak/Ibu sekalian ada yang yang membutuhkan software untuk jembatan timbang bisa menghubungi saya. Perlu diketahui bahwa program ini dibuat dengan Delphi bisa berjalan di OS WinXP,Win Vista dan Win7. Program ini bisa untuk semua macam merk dan type timbangan digital sehingga online (realtime) via Serial Com RS232.. Data langsung dapat dikonversi ke excel.Laporan bisa harian, Bulanan,Tahunan (flexible). Hub: 031-71601800 (flexi), 085231911227 (as), 031-7311312 (office).

  13. Kenyataanya diIndonesia semau Vendor Weighing System Belum ada yang mampu membuat strain gauge, Kalau pakai simulator LoadCell hasil penimbangan tidak menunjukkan liniearitas dan tingkat keakurasiannya, Kalau untuk mengkonversikan Analog ke digital Tidak ada masalah… yang jadi masalah adalah apabila strain gauge di kasih tekanan sehingga menimbulkan regangan pada strain gauge, strain gauge/master loadcell tidak bisa kembali ketitik semula…ini yang dikatakan timbangan tdak bisa Zerro…

    salam kenal…

  14. ide tsb sdh ga original lg mengingat fitur tsb dlapangan banyak djual dgn berbagai merk sbb avery,and,unipulse,acis,toledo,metler,sortorius dll……dunia industri msh bpikir dua kale klo pakai product R & D mengingat jaminan sparepart dan after sales dll……

Leave a Reply

