Berbisnis tanpa modal, apa mungkin?

Yak, kebanyakan para pemula bisnis menjadi patah semangat atau bahkan mundur teratur dari keinginannya untuk berbisnis ketika mendengar kata Kapital A.K.A Modal. Ya! modal memang menjadi bagian paling penting dari sebuah usaha. Jadi, apa memang benar kalau tidak punya modal, usaha kita tidak bakal jalan?

Jawabannya, BETUL!!! Dari pengalaman saya, berbisnis itu mutlak dibutuhkan modal. Karena menurut saya untuk memulai sesuatu kita butuh yang namanya modal. Contoh paling sederhana orang yang ingin mencuri Ayam saja butuh modal, MODAL NEKAT, keterlaluaaan… (becanda…becanda…). Modal cash jelas perlu, yang jelas berapapun modal finansial yang kita miliki, kita sudah punya potensi untuk memulai sebuah usaha. Tapi kalau modal cashnya kecil, jangan bermimpi dalam setahun langsung bisa jadi miliyarder (Kecuali modal kecil untuk membeli Lottery lalu menang grand prize), bukannya tercapai malah sering-seringnya jadi putus asa🙂

Nah, lantas bagaimana cara mulainya? Pertama, tentukan jenis bisnis yang mau kita jalankan. Langkah kedua, liat dulu  tabungan kita! ada cashnya tidak?kalau ada, hitung berapa jumlahnya, cukup tidak buat modal cash usaha yang bakal kita jalankan. kalau tidak ada? Utang atau cari investor! Selanjutnya adalah langkah yang paling kompleks, yaitu look into our-self, kita punya keberanian tidak buat memulai, kita punya pengalaman tidak di bidang itu, dan yang paling penting kita punya relasi tidak buat mendukung bisnis kita? Ya! itulah modal kita buat merintis usaha!

Jadi, kalau kita sudah punya semua modal yang dibutuhkan seperti yang dibahas diatas, kita sudah siap sebagai seorang enterprenuer. Selain modal yang sudah kita punya ada faktor-faktor keberhasilan lain, yaitu perlu usaha yang kuat, pantang menyerah dan yang paling penting jeli dan experienced . Kalo tidak punya pengalaman, minimal cari tau mengenai bisnis yang ingin kita jalankan kepada orang yang sudah pengalaman. Atau kalau sulit buat mendapatkan informasi dari mereka, ya kita bisa cari dari internet.

Jadi kesimpulannya, meskipun sedikit, memulai bisnis tetap memerlukan modal, baik itu modal cash, modal keberanian, modal pengalaman, modal relasi, dan modal-modal lainnya.

Nah, bagaimana cara kita mendapatkan semua modal-modal di atas? Kalau ada kesempatan, bakal kita bahas lagi.

Tetap semangat, tetap sehat, supaya kita bisa jalan-jalan lagi bersama wisata kuliner….

10 thoughts on “Berbisnis tanpa modal, apa mungkin?

  1. bisa koq, saya juga sedang merintis bisnis online, saya tulis tuch beberapa caranya di blog saya , peace. salam kenal ya om

  2. he..he… kliatannya emang bikin patah semangat ya boz. Tapi, aku nulis ini supaya para pemula gak cuman modal nekat aja buat bikin usahanya. bisnis online kan perlu modal juga boz, minimal buat bikin domain sama hostingnya.
    “Modal duit jelas perlu, yang jelas berapapun modal finansial yang kita miliki, kita udah punya potensi buat memulai sebuah usaha”
    selamat berbisnis!!

  3. bisnis aku suka denger kata2 itu. apalagi bisnis hasil keringet sendiri duh hepi nya itu nggak bs diungkapkan dengan kata2 deh, bkn karena nilai atau materi yang qta terima tp hasil kerja keras qta dihargai orang lain. muka tebel…muka tebel itulah prinsip yg kujalanin he…buat nandi sukses ya buat usahanya. smoga qta tdk menambah jmlh pengangguran di negeri ini he…

  4. bisnis aku suka denger kata2 itu. apalagi bisnis hasil keringet sendiri duh hepi nya itu nggak bs diungkapkan dengan kata2 deh, bkn karena nilai atau materi yang qta terima tp hasil kerja keras qta dihargai orang lain. kreatif, inovatif klo lg ada ide membuat barang yg lucu2 and muka tebel klo lg nawarin ke orang2 itulah prinsip yg kujalanin he…buat nandi sukses ya buat usahanya. smoga qta tdk menambah jmlh pengangguran di negeri ini he…

  5. memang benar kata mas prabuwardhana, semua bisnis memang perlu modal. Nekad juga modal, kadang orang yang dah punya modal finansialpun kalo gak ada nyali, kadang malah gagal. Memang semua perlu usaha. Aku sendiri masih terseok-seok dalam tahab belajar berbisnis ini. Pusing aku.. Boss tolong kalo ada info-info peluang buat menghasilkan uang yang halal beritahu aku ya.. thanks sebelumnya.

  6. @wuri maulana: Sebenarnya banyak sekali peluang bisnis yang bisa kita ambil. tapi insya Allah kalo ada informasi tentang peluang menghasilkan uang yang halal, aku tulis di blog ini.

  7. Mendengar kata ‘modal'(untuk usaha maksudnya) biasanya orang langsung membayangkan sejumlah uang yang banyak, sehingga kalau ada usaha yang modalnya kecil, bisa dibilang usaha “tanpa moadal”.

    Untuk Wuri Maulana, saya punya bisnis online yang sepertinya bagus nih (sebelum bergabung saya sudah mencari-cari informasi tentang bisnis ini, dan hampir tidak ada komentar yang negatif). Info lebih lanjut lihat di blog saya http://zonasfi.blogspot.com

  8. Kami setuju dengan anda bahwa tidak ada bisnis/usaha yang bisa dijalankan dengan tanpa modal. Minimal “MODAL DENGKUL” . hehhe.. ya nggak?…

    Untuk menjalankan bisnis online di internet misalnya, kita memang bisa menggunakan blog, domain atau hosting gratis untuk keperluan sales letter kita. Akan tetapi kita tetap memerlukan akses internet yang mengeluarkan biaya atau kita juga perlukan waktu yang perlu kita luangkan untuk menjalankan bisbnis online kita tersebut.

    jadi intinya, menurut kami, apapun usaha/bisnis yang akan kita jalankan, maka tetap perlu adanya MODAL.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s