Tips Mengikuti Pameran

Bagi kebanyakan pebisnis, mengikuti pameran merupakan salah satu ajang berpromosi produk atau jasa yang ingin ditawarkan kepada konsumen. Namun tidak dipungkiri, disamping itu para pebisnis juga berharap mendulang keuntungan dari jualan selama pameran berlangsung.

Setelah pameran berakhir ada saja kisah suka dan duka yang ditemui. Diantaranya ada yang mengakui bahwa jika dihitung secara materi, hasil penjualan belum dapat menutupi biaya sewa stand dan operasional selama pameran berlangsung. Contohnya pengalaman Mbak Rina, Staf Marketing salah satu penerbit buku terkemuka di Indonesia. “Jika dihitung, penjualan di pameran seberapa lah, belum tentu menutup biaya sewa stan yang lumayan mahal. Saya anggap ini sebagai biaya promosi saja,” katanya.

Tapi dibalik itu mungkin ada kepuasan karena stand banyak dikunjungi, dan mendapat cukup banyak relasi baru selama acara berlangsung. Namun ada juga yang memang mendulang sukses dalam hal keuntungan karena produk atau jasa banyak yang laku selama pameran.

Jika memang pameran telah menjadi jalan efektif dalam berpromosi, agar tidak kecewa menjadi peserta sebuah pameran setidaknya pebisnis memperhatikan beberapa hal berikut.

1. Apakah event/pameran yang akan diselenggarakan sebuah lembaga atau event organizer dirasa berguna dilihat dari ketepatan pemilihan waktu dan sasaran pengunjung sehubungan produk/jasa yang akan dipamerkan.

2. Cari tahu siapa penyelenggara dan track record pameran-pameran yang telah di kelola sebelumnya. Termasuk juga bagaimana promosi pameran dilakukan.

3. Jika telah memutuskan mengikuti sebuah pameran, pilihlah stand yang tempatnya strategis untuk dikunjungi.

4. Buatlah stand semenarik mungkin dari sisi dekorasi, pelayanan penjaga stand yang ramah dan sabar dalam menjelaskan produk.

5. Berikan tawaran menarik, misalnya diskon untuk produk selama pameran berlangsung.

6. Jangan lupa mempersiapkan kartu nama pebisnis. Banyak peserta pameran merasa menyesal karena mengabaikan hal yang satu ini. Karena tanpa disadari mereka telah menghilangkan sebuah kesempatan untuk menjalin lebih banyak relasi dan untuk lebih dikenal oleh konsumen.

Pada intinya pameran merupakan ajang berpromosi yang sangat pas bagi sebuah usaha dan produk jika diikuti dalam even atau tema pameran yang tepat dan sesuai dengan target pengunjung. Sementara pebisnis yang ingin jadi peserta juga harus mempersiapkan diri agar tujuan mengikuti pameran bisa tercapai.

3 thoughts on “Tips Mengikuti Pameran

  1. aku nambah masukan juga ya
    7. buatlah tim yang benar benar solit dan tim yang hebat, tim yang penuh kreasi dan tim yang akan tertawa saat pemimpin tertawa dan menagis saat pemimpin menagis
    8. berdoa tuh penting lho, agar sukses acaranya

  2. Salam hangat,
    Kami dari PINBOO Bandung,
    bergerak dibidang aksesoris pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci).
    produksi pin/bros (pin bulat dan gantungan kunci),
    kapasitas produksi 5.000.000 pcs per bulan utk pin bulat.
    5000.000 pcs per bulan utk gantungan kunci 2 muka.
    Apabila perusahaan bpk/ibu memerlukan merchandise menunjang kegiatan perusahaan bpk/ibu dalam melakukan branding ataupun event-event tertentu. Kami dapat membantu bpk/ibu dengan baik dan cepat..
    Terimakasih
    http://www.pinboo.org
    Terimakasih

  3. Omega Kreasindo adalah sebuah rumah produksi, selama 10 tahun menjadi bagian dari perkembangan Pameran di Jakarta dan Event Produksi. Sehingga dengan cepat memiliki kemampuan untuk mengantisipasi serta menyesuaikan perkembangan dalam memberikan Konsep dan gagasan yang baru dalam dunia Pameran, Our expertise -Exhibition : Stand Pameran I Mini Booth I Booth Portable I Display Booth I Kios I show Case I Counter Booth -Event : Stage I Gate I Backdrop I Pangung dalam bentuk costume – Desain: Exhibition I Interior

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s