Mandul Gara-gara Laptop?

spermaSudah menjadi kebiasaan sebagian orang menggunakan laptop sambil dipangku dan sepertinya kita tidak merasakan efek langsung yang terjadi pada tubuh kita. Tapi siapa sangka memangku laptop dapat menimbulkan gangguan kesuburan. Nggak percaya?

Para peneliti di Fakultas Urology Universitas Negeri New York atau The State Univerity of New York menyimpulkan dari hasil penelitian mereka bahwa pria yang sering menggunakan laptopnya sembari dipangku, mempunyai resiko ketidaksuburan akibat panas yang dipancarkan dari laptop. Hal ini diiungkapkan oleh pemimpin penelitian, Prof. Yefim R. Sheynkin, seperti yang dilansir oleh The Economics Times bahwa pancaran panas laptop bisa meningkatkan kantung buah pelir (scrotal) secara signifikan.

Penelitian ini dilakukan selama satu jam dan melibatkan 29 pria sehat berusia antara 21 dan 35 tahun dengan 4 orang peneliti dari Department of Urology SUNY dan 1 orang peneliti dari General Clinical Research Center SUNY. Setelah suhu awal tubuh mereka diukur, pria-pria ini duduk. Sebagian memangku laptop menyala di pangkuan mereka dan sebagian lagi tidak.

Temperatur kantong pelir mereka pun diukur tiap tiga menit. Hasil akhirnya, mereka yang memakai laptop menyala temperatur kantung buah pelirnya meningkat sekitar 2,7 derajat celcius dari suhu normal. Peningkatan ini cukup untuk menyebabkan resiko ketidaksuburan karena bisa menurunkan jumlah sperma.

Nah lho, buat siapa aja yang punya kebiasaan mangku laptop (termasuk saya he..he..he..), “hilangkan kebiasaan ini atau mandul seunur hidup” ha..ha..ha..

buat informasi lebih jelasnya, kamu bisa kirim email langsung ke beliau at : ysheynkin@notes.cc.sunysb.edu

based on journal by Prof. Yefim R. Sheynkin, Department of Urology, State University of New York at Stony Brook, Stony Brook NY 11794-8093, USA.“Increase in scrotal temperature in laptop computer users”

4 thoughts on “Mandul Gara-gara Laptop?

  1. memang, teknologi gak semuanya berbuah baik.. terkadang terselip hal buruk dibalik canggihnya sebuah karya manusia yang diberi nama teknologi… maka berhati-hatilah.. wakakakak..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s