CSR apa CSR?

Pada artikel ini, saya ingin membahas analisis saya mengenai Corporate Social Responsibility (selanjutnya dalam artikel akan disingkat CSR) yang digunakan perusahaan-perusahaan di Indonesia menurut pandangan saya sebagai orang awam🙂. namun karena pengetahuan saya tentang CSR dan bisnis yang terbatas saya mohon maaf apabila dalam penulisan artikel ini banyak terdapat kesalahan.

Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility merupakan suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan harus memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan.

CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan” , dimana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata hanya berdasarkan faktor keuangan belaka seperti halnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekwensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Tapi apakah kita pernah menyadari bahwa sebenarnya sebagian kasus justru “memanfaatkan” pelanggan atau konsumennya dalam rangka mendukung aktifitas CSRnya. Kita ambil contoh sederhana, sebuah produk sabun menawarkan konsumennya memberikan sumbangan untuk memenuhi dan merawat fasilitas kebersihan umum hanya dengan membeli produk sabunnya, sebuah produk air minum mineral dalam kemasan menawarkan kepada konsumennya untuk berpartisipasi memberikan air bersih untuk wilayah “X” hanya dengan membeli produk air mineral mereka, sebuah produk es krim menawarkan kepada para konsumennya memberikan sumbangan untuk membangun dan merawat tempat ibadah hanya dengan membeli produk es krimnya, dan lain-lain.

Apa yang dapat kita analisa dari kasus-kasus di atas? Ya, produk-produk CSR mereka justru digunakan untuk menarik konsumen yang juga peka terhadap Social Responsibility. Maka yang terjadi adalah Consumer Social Responsibility yang mendukung program Corporate Social Responsibility. Srategi CSR ini sepertinya semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan Consumer Good untuk menarik perhatian konsumen terhadap produk mereka. Tidak salah apabila Marc Orlitzky NSW and University of Sydney Australia, Frank L. Schmidt University of Iowa USA, dan Sara L. Rynes University of Iowa USA menemukan suatu korelasi antara social / performa lingkungan hidup dan performa keuangan. (Corporate Social and Financial Performance: A Meta-analysis)

So, guess what??Corporate Social Responsibility or Consumer Social Responsibility?CSR or CSR?Silahkan membuat kesimpulan sendiri. Yang pasti, hampir semua aktifitas yang dilakukan perusahaan, tak akan pernah lepas dari sisi bisnis.🙂

2 thoughts on “CSR apa CSR?

  1. wah, benar juga tuh
    aku baru menyadari hal tersebut.
    aan tetapi perusahaan mana sih di dunia ini yang pengen rugi. logis juga kan..?
    tetapi aku mencoba melihat sisi positifnya, walaupun aku menyadari perusahaan memanfaatkan hal tersebut sih..
    sisi positifnya adalah perusahaan tetap menyumbangkan dana tersebut untuk kebersihan umum kan… masih tetapo untuk pembangunan tempat ibadah kan…

  2. @alfaroby:brarti CSR justru jadi strategi yang cukup ampuh untuk mendapatkan pelanggan sekaligus mengabdikan perusahaan kepada masyarakat dan lingkungannya.ya ndak?? he..he..he..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s