Merintis Bisnis Event Organizer

Berkecimpung di dunia Event Organizer (selanjutnya kita sebut EO) memang merupakan kenikmatan tersendiri. Meskipun seringkali kita merasa sangat kelelahan, namun di balik itu tersimpan rasa bangga dan gembira. Rasa bangga ketika event yang kita selenggarakan sukses dan sesuai harapan serta gembira karena dapat bekerja sama dengan tim yang menyenangkan.

Tapi ada beberapa hal utama yang perlu kita perhitungkan sebelum kita memutuskan terjun di dunia bisnis EO, antara lain :
1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
2. Ide kreatif dan inovatif.
3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
4. Modal usaha yang cukup.
5. Tim yang solid dan loyal.
Walaupun terlihat sangat sederhana namun sebenarnya lima poin diatas merupakan hal-hal yang cukup berat. Kebanyakan orang mengatakan bahwa bisnis di dunia EO itu mudah, tapi bagi saya tidak. Banyak sekali rintangan yang harus kita hadapi dan tentunya ini tidak ringan. Tapi sebenarnya kuncinya terletak di ketekunan dan kerja keras, itulah modal paling utama yang harus kita miliki.

Saya akan menguraikan lima poin di atas agar kita bisa benar-benar memahami poin-poin penting dalam merintis bisnis EO sehingga dapat terhindar dari halangan atau jebakan yang sangat mungkin terjadi.

1. Bekal pengalaman menyelenggarakan event.
Disadari atau tidak, sebenarnya bekal yang kita miliki sebagai pengelola event sudah kita mulai sejak kita sekolah. Kepanitiaan yang kita ikuti pada waktu itu bisa dijadikan bekal pengalaman yang cukup. Paling tidak, kita sudah mengetahui prosedur mengelola suatu kegiatan dari penyusunan proposal sampai eksekusi di lapangan.

2. Ide kreatif dan inovatif.
Ingat, bisnis EO adalah bisnis komunikasi dan bisnis hiburan, kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Ketika tidak ada ide cemerlang dan kreatifitas, siap-siap gigit jari. Namun, kreatifitas memang tidak harus selalu orisinil, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah. Justru itulah yang disebut inovasi.

3. Relasi bisnis (klien/sponsor) yang cukup kuat.
Dukungan relasi bisnis, baik itu klien ataupun sponsor, merupakan kunci dari sukses tidaknya acara yang kita selenggarakan. Sebelum memutuskan terjun ke dunia bisnis EO, kita harus melihat kembali apakah kita memiliki jaringan bisnis yang kuat atau tidak? Karena merekalah yang nantinya akan membeli atau membiayai ide-ide kreatif kita. Apabila kita tidak memiliki jaringan bisnis, sebenarnya bukan menjadi masalah besar. Tentunya dengan membangun kepercayaan terhadap EO kita, jaringan bisnis itu akan terbentuk dengan sendirinya. Tapi perlu diingat bahwa EO kita tidak akan berkembang secepat apabila kita telah memiliki jaringan bisnis sebelumnya.

4. Modal usaha yang cukup.
Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, bahwa dalam memulai sebuah usaha, mutlak dibutuhkan modal. Untuk bisnis EO, kita perlu menyiapkan modal finansial terutama untuk memenuhi keperluan-keperluan EO seperti, Mengurus legalitas usaha (CV atau PT), menyewa kantor, pengadaan alat kantor, biaya telekomunikasi, biaya persiapan event, dan lain-lain. Untuk memenuhi beberapa hal tersebut tentunya tidak cukup dengan selembar dua lembar uang rupiah. Cukup besar memang, kalau kita tidak mempunyai cukup banyak modal finansial, kita bisa mencari investor.

5. Tim yang solid dan loyal.
EO adalah tim, dan menemukan tim yang solid itu tidak mudah. Mengambil tim baru untuk EO yang baru dibentuk sama sekali tidak saya sarankan. Sebaiknya dalam mendirikan sebuah EO, kita mengajak beberapa rekan kita yang sudah lama bekerja sama dengan kita dan terbukti soliditas dan loyalitasnya. Banyak sekali hal-hal yang menjadi rawan konflik selama persiapan event. Jauh lebih mudah untuk bisa saling memahami masalah di antara tim apabila bekerja bersama rekan sendiri dari pada dengan orang yang baru kita kenal supaya masalah-masalah yang terjadi tidak merambat menjadi masalah besar yang berdampak buruk terhadap keberlangsungan perusahaan.

Semua kembali lagi kepada anda, apakah anda sudah benar-benar siap terjun ke lembah berduri di dunia bisnis EO?

Selamat merintis bisnis event organizer.

129 thoughts on “Merintis Bisnis Event Organizer

  1. mohon tuntunannya aku pengen banget punya EO. banyak pengalaman tetapi kurang dana. susehhh jadi orang kaya yaaaa….

  2. ngaakkk enak… sehhh tapi yang enak itu jadi orang yang cukup. cukup beli rumah sama mobil. hehe…
    kemarin aku coba bikin acara parade Marching Band udah hampir sukses tau nyaaa… salah satu pendukung batal gara-gara mereka menilai aku ngak sanggup. yang bener itu pengalaman atau kerjanya yaaa…
    padahal aku juga anggota dari sebuah EO juga. sedih nya mpeee menangis semalam. maap jadi curhat. aku harus gimana lagiiii…

  3. @Ocha : Yang namanya usaha gagal itu wajar koq. Tapi sedih juga wajar, Cuman ingat jangan buat kesedihan tersebut menjadi kekuatan untuk keterpurakanmu sehingga memberatkan langkah menuju masa depan.
    Kalo ada pendukung yang mundur, coba cari tahu kenapa? Apa hanya karena itu? Mungkin karena kita memang belum penya tingkat kepercayaan yang cukup. Kerja kita bisa baik kan kalo pengalaman kita juga cukup mendukung. ya kan?
    Sukses !!!

  4. Kalau misalnya kita ingin punya usaha EO tapi yang kecil2an dulu, kira2 tetap perlu izin usaha atau nomor pajak gitu gak ya? (Kecil2an di sini maksudnya gak sampai ngurusin acara perusahaan2 gitu, cuma individual). Apakah kita tetap harus mendaftarkan usaha EO kita sebagai CV atau PT?

    Mohon bimbingannya ya.. Terima kasih sebelumnya =D

  5. Hai semua,

    saya juga ada ide dengan EO ini, dan sudah dapat rekan di jkt, mereka memang belum ada pengalaman, dan karena mereka terlalu sangat hati hati melangkah mereka mundur.

    sekarang saya jadi jalan sendiri.. bagaimana kita bekerjasama aja.. mungkin dengan pengalaman dan ide creativ kita pasti ada yang akan melirik.

    Terimakasih

    Rahmad taufik

  6. Bang dian akhirnya aku bikin acara juga, walaupun kecil-kecilan dulu tapi sangat penting buat pengalaman aku… aku ngeluncurin buku karangan perdana aku, yaaa walaupun acara buat aku tapi aku seneng banget akhirnya aku bikin acara juga… dan kabar kedua aku dikasih kesempatan juga sama abang aku yang kerja di studio musik untuk menjalankan EO dia dengan nama EO aku aduh bukan kepalang senengnya acara pertama festival musik gituuu.. hmmm nanti kalau aku kesulitan bantuin aku ya bang, mau khannn? suksess untuk ABANG… serta temen2 yang baca tulisan ini…salam!

  7. Saya punya EO di Palembang, selama ini udah beberapa kali ngurusin event lokal di Palembang, tapi yang jadi problem sampai saat ini saya mau daftar ke komunitas EO indonesia nggak tau alamatnya, kira2 temen2 bisa bantu nggak ya, tolong balasannya di email ke :
    dg.production@yahoo.com

    thanks

  8. Met malem semua!!

    Ada yg bs bantu sy gk ya?? Kbetulan sy tertarik mu buat wedding organizer. Kebetuln wkt di jkt sy suka bantu ibu yg biasa ngurusin pernikahan org. Beliau ngurus sendiri sih, kebetulan beliau punya salon en sekaligus perias pengantin. Nah, sy mau buat WO yg berbentuk badan hukum sekalian, kira2 cara na gmn ya?? trus kira2 modal na perlu bnyk gk ya?? Ada yg bs ksh sy info gk ya..?? Plz…

    kalu ada tolong donk sharing ke triasukmadewi@yahoo.com

    Makasih ya sebelum na:)

  9. kira2 ada yang mu bantu saya gak ya? sy n temen2 pengen buat acara EO kecil2an. pengen ngadain pertandingan badminton di tingkat kelurahan. apa2 saja langkah awal yang harus dilakukan. perencanaan sudah dilakukan, mohon kasih masukan yang lain. makasih…..

  10. Asyik jua materi yang dibahas

    kami eo di Jogjakarta butuh untuk Marketing manager, marketing comunication yang sudah berpengangalaman krirmkan CV , permintaan gaji daan tentu targetnya ada gaji tetap dan bonus dealing event
    ada yang berminat silanhkan kirim ke email : eo_gmpro@yahoo.co.id

  11. salam kenal….

    wah pengen tuh gabung jadi organizer….

    ya sih walau butuh persiapan ang matang tapi kayaknya asyik…

    mister, boleh dong sekali-sekali ajak kita2

  12. Salam kenal buat teman-teman yang hobi di bidang Event Organizer.

    Saat ini kami sedang mencari team di Perusahaan kami. Sekiranya ada teman-teman yang berminat dapatlah mengirimkan emailnya ke durasipro@yahoo.com

    Lokasi kami di bintaro jakarta selatan

    Terimakasih,

    Abdul

  13. Salam kenal buat semua rekan – rekan yang berkecimpung di dunia event organizer..di seluruh nusantara..

    Saya Jay seorang anggota team salah satu EO di Bandung,medirikan EO ternyata tidak segampang yang dibayangkan,awalnya saya berminat menekuni dunia EO ketika saya berhasil menyelenggarakan sebuah event kecil yaitu event 17an..itupun di tingkat RW,saat itu saya berhasil menggandeng beberapa perusahaan untuk bergabung menjadi sponsor,
    dari situ baru saya kepikiran untuk melanjutkan hobi saya ke tingkat yang lebih profesional yaitu Event Organizer atau EO.

    Di tengah jalan ternyata saya menemui kendala dengan hal yang berurusan dengan legalitas perusahaan,kebanyakan para klien yang saya datangi menunutut EO saya memilki badan hukum yang jelas, karena minimnya pengetahuan tentang hal itu maka, saya berinisiatif untuk bekerjasama dengan stasiun radio yang jelas mereka sudah memilki legalitas perusahaan yang sudah terdaftar.

    Dan alhasil, Alhamdulilah sejak saat itu saya beserta rekan2 dipercaya untuk menangani project – project OFF AIR stasiun radio tersebut, mulai dari event kecil, menengah, bahkan sampai event besar.

    Bermodal dari pengalaman tersebut, saya beserta rekan,memberanikan diri untuk mendaftarkan EO saya sebagai EO yang memilki badan hukum yang jelas.

    Namun saat ini saya menemui kendala lagi yaitu,bagaimana cara saya dan rekan – rekan menjual konsep/program EO kepada klien, sementara klien nya tidak berminat untuk melakukan kegiatan event.? dan bagaiman cara untuk memperluas jaringan dan mempererat hubungan dengan para klien..?

    Saya berharap melalui media ini, rekan – rekan EO semua dapat membantu/memberi satu arahan dan masukan tentang permasalahan yang sedang saya hadapi.

    Terima kasih,
    Jay 91 prod

    1. Salam kenal buat jay 91 Prodct.
      Sebelum nya anda sudah sering membuat event, dan sukses??,.,.,.
      Dan sekarang kendala anda di sini adalah mengenai klien, yang susah di dapat?
      Saya ada sedikit saran dan semoga bermanfaat,
      Kita mendirikan EO Berarti kita sudah berdadang, atau menjual jasa, targeting kita adalah org yang memerlukan jasa kita.
      di sini kita sebagai EO harus jeli, dan peka dengan perkembangan di luar, karena banyak EO lain yang juga sama seperti anda.
      Misal nya, sekarang muncul organisasi baru sebut saja NASDEM (Nasional Demokrat) yang akan menjadi partai.
      Otomatis yg bersangkutan di atas, akan mengadakan event, pertemuan, rapat paripurna sesama anggota, dan itu memerlukan bantuan atau jasa EO, dan tidak mungkin di kerjakan oleh organisasi di atas, karena mereka tidak mau repot.
      Jadi itu peluang, bagi kita yg memiliki EO, karena EO ini bukan hanya di bidang Entertainment, tetapi juga merangkap ke seluruh event yang memerlukan jasa penyelenggara.
      Jadi inti nya, kita harus bisa membaca situasi ke depan, dan berani untuk megekspos barang dagangan kita tadi.
      saat kita dengar ada sedikit celah dan peluang, jangan ragu untuk masuk.
      Semoga bermanfaat,.,.,.
      Thanks

  14. Slam kenal buat semuanya!!!!

    Ok, nama aku Jack, salah satu penyiar radio n Tv. Aku juga sering MC acara2 OFF AIR atau event di daerah ku. Entah itu konser music, nikah, pisah temu, launching produc baru sebuah perusahaan, peresmian kantor, dll. Nah beranjak dari situ aku betul tau banyak tentang dunia EO. Kerjanya sangat asyik dan menyenangkan. Asalkan kita benar2 mencintai pekerjaan itu. Nah dalam hal ini aku juga kepikiran untuk punya EO sendiri biar bisa ngurusin banyak event. Aku juga banyak punya ide2 kreatif and inovatif gitu, tapi semuanya masih tersimpan begitu saja karena gak tau bagaimana syarat2 untuk membangun sebuah EO. Ada yang bisa share sama aku? boleh ke e-mail aku ya, jack_sz2002@yahoo.com. Thanks udah mau berbagi. sukses aja buat semua yang berkecimpung di dunia EO

  15. Halluw para rekan EO semua!!
    Salam Sukses!!
    Saya mungkin belum begitu pengalaman di bidang Event Organizer gt,,,karena pengalaman juga baru sedikit.
    Saya manager sebuah band yang sudah mempunyai jam terbang yang cukup banyak, dan sering dipakai di acara-acara pentas musik khususnya daerah Magelang dan sekitarnya.
    Jadi kalau temen-temen EO ada yang lagi punya gawe, ;p bisa pertimbangkan band saya ini.
    Sebagai referensi bisa dilihat profilnya di website kami http://www.powerpoint-band.co.cc
    Terimakasih.

  16. Haloo para rekan2 EO semua
    salam kenal semua, saya surya, saya ingin memulai usaha dibidang
    event organizer, sekarang saya sdang mencari dana ke investor,
    saya ingin minta tolong kalau diantara teman2 ada yang bisa membantu saya dengan memberikan contoh proposal usaha eo untuk mengajukan
    ke calon investor, apabila dari teman2 ada yang bersedia membantu
    saya sebelumnya saya ucapkan terimakasih.
    bisa dikirim ke surya_ccp@yahoo.com

  17. Halo semua rekan-rekan yang tertarik EO..
    Kebetulan sejak beberap tahun lalu saya terlibat dengan EO.mulai dari sekedar freelancer, sampai konseptor event, stage manager.Yaahh lumayanlah..dari segi pendapatan pun mencukupi.Sayang sekarang ini bisnis EO cenderung ga’ sehat. Antar EO saling jegal..rebutan klien..

    Nah..karena kebetulan background saya EO kemudian saya ditarik oleh salah satu perusahaan multimedia yang menangani live event, maupun off air event.namanya juga multi media, ga jauh-jauh dari kamera, giant screen, sound system and lighting.

    untuk teman-teman EO maupun yang tertarik berkecimpung di dunia event organizer kita bisa share atau kontak langsung di:
    imel : itsme_joni@yahoo.co.id
    YM : itsme_joni
    Ph : 0856 4323 6190

    Mungkin ada beberapa pengalaman saya yang bisa saya bagi, dan mungkin kita bisa bekerja sama saling dukung mengerjakan event.
    Okay..saya tunggu kabar selanjutnya.
    Bravo!!!

  18. hai rekan2 EO…

    saya dari dulu pengen sekali gabung atau membuat EO… tapi sampei skarang saya tersendat karena tidak tau bagaimana membuat EO, basic saya di Broadcasting.. saya punya pengalaman di dalam kepanitiaan event2 kampus dan event2 off air RADIO di Bandung.

    untuk teman2 yang mungkin ingin membuat EO atau bisa membantu saya untuk mewujudkan EO impian saya bisa menghubungi saya di:

    email : i_am_luty@yahoo.com
    YM : i_am_luty

    Terimakasih.

  19. Telah hadir ( http://www.baruaja.com ) Portal informasi EVENT / ACARA terlengkap dan terupdate di Indonesia. Penyelenggara juga dapat memposting EVENT / ACARA yang akan dipublikasikan dalam portal ini secara “GRATIS”. Poral Informasi EVENT baruAJA.com sudah sangat dikenal oleh beberapa komunitas internet services ternama sepeprti friendster.com dsb.

    “UNTUK EO KHUSUSNYA, INI TEMPAT YANG PALING COCOK UNTUK MENAMBAH SUSKESNYA ACARA YANG ANDA BUAT !!! ( GRATIZZZ ABIZZZ… )

  20. saya ingin mempromosikan l@mpu production ,sebuah eo yg saya bentuk bersama 5 rekan saya lainnya, yg sudah berpengalaman dlm bidang eo..
    jika ada kawan2 eo laen yg ingin menggandeng eo u/membuat event di bali hubungi saja L@mpu pro via email lampupro@yahoo.co.id
    / runartha 081805614076

  21. salam kenal…

    sebenarnya butuh modal untuk mendirikan EO,namun keberanian maju dan lebih hidup lebih baik dari sekarang, serta pengalaman kerjasaam di berbagai panitia penyelenggaraan musik dan kerja sampingan di tempat orang yang mempunyai menjadikan saya bersama teman teman untuk maju.
    bagi teman teman yang punya event di bali ( baik musik maupun seminar bisa kerjasama dengan saya ..
    baliline ( rai_parwati30@yahoo.com)
    081558597777

  22. olaa,saya lagi pengen bikin eo tapi yang buat gathering2 doank gitu dehh,ada yang bisa kasyi saya masukan gak?soalnya saya cuma berpengalaman bikin event entertainment artis lokal n nasional buat kampus doank,pas kuliah ,lewat ukm kampus.jadi masih nol buat yang gathering2 gitu.tolong dong share ke saya ya putz_byzantine@yahoo.com.thanks a lot all

  23. saya ditunjuk menjadi ketua suatu parade band(senat kampus) yang rencananya bkal ngundang band2 ibukota..ini merupakan pengalaman pertama saya jd ketua..tolong bagi2 pengalaman dunk..terimakasih…

  24. salam kenal rekan2 event organizer. saya mahasiswa Jurusan DKV, Fak Seni Rupa IKJ, sedang penelitian skripsi, mengenai jumlah prioritas dekorasi dalam sebuah Event (pergelaran kebudayaan) dalam hitungan persen dari 100% persiapan penyelenggaraan. kalo ada yang pengalaman/mengerti secara umum mohon dibantu, trims.

  25. Salam kenal
    Tolong kasih penjelasan bagai mana kita memulai usaha Even Organizer
    terus gimana mengelola bisnis ini
    sekalian kasih contoh donk proposal penawaran kerjasamanya
    Dimana kami bisa mendapatkan pelatihan tentang EO
    Makasih

  26. salam kenal buat semua…..

    kami dari EO DIVA Production, memang menjlnkan sebuah EO sangat sulit, karena kita butuh modal besar, crew yang solid & loyalitas yg tinggi, tapi kalo temen-temen mo buat bisnis EO hrs yakin dulu deh gx usah mikir untung dulu, yg penting jalan dulu & berhrp bisa dikenal sama semua orang, tp semua job hrs jelas, untung harapan tp tekor jangan sampe, bravo for your’s job to EO…..ok….bye…

  27. Salam kenal semuanya.

    Aku juga mau ikutan donk..aku pingin banget bikin acara kaya life DJ party gt tapi gak tau caranya.Dan untuk trend sekarang kalo untuk mau bikin pensi (pentas seni) bagus nya life music (kaya2 band2 gt) or life DJ ya?

    Trus gmn caranya minta sponsor ke perusahaab=n rokok, minuman dll.
    Mohon info dan share nya ke aku ya temen2 yang baik:) aku tgg bgt lho please kirim info ke ayushang@yahoo.com

    with love

    -ayu-

  28. Hallo..Saya tertarik dengan usaha EO,apalagi pengalaman saya ketika Mahasiswa pernah menjadi ketua Panitia Parade Seni Sumatera Utara di Provinsi Jambi..saya mencoba untuk membuka EO dengan nama BONZAI..bagi teman teman yang ingin mengadakan acara di Provinsi Jambi,atau ada mengetahui perusahaan yg ingin mengadakan acara di kota jambi,teman teman dapat berbagi dengan saya dan mengirimkan informasi ke hendricksimanjuntak@ymail.com
    Terima kasih…..

  29. saya PRANOWO penulis buku mengenai ” Spiritual Quantum Smile”.
    saya membuat komunitas tersenyum di Yogyakarta

    saya berencana ingin menyebar virus senyum kepada siapa saja dan dimana saja

    saya sering mengisi pelatihan indoor maupun out door yang berkaitan dengan budaya senyum secara positif

    bagaimana seandainya ditempat bapak / ibu
    diadakan pelatihan Spiritual Quantum Smile

    agar budaya senyum secara positif dan senyum yang ada didalam hati nurani dapat n terjalin secara lahir dan batin

    (0274) 6932552 / 0818260304

    Salam senyum

  30. salam kenal buat kawan2 semua…..saya wyga dari PT.Rentalindo ( salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa rental multimedia , seperti : Lcd projector , screen , plasma, LED , MPDP , documentasi shooting n foto , dan masih banyak jenisnya)…
    so…apa bila rekan-rekan semua membutuhkan jasa rental multimedia jenis dan ukuran apapun….bisa menghubngi saya di nmr 0274-9195076 / 08574 2200 515 ( wyga agung ).
    office kami juga sudah tersebar di beberapa kota di Indonesia seperti di jakarta , bandung , semarang , jogja , solo , malang , surabaya , bali , medan , balikpapan , makassar..
    kami siap membantu mensukseskan event rekan-rekan , kapan dan di manapun…

  31. Ada yg bs bantu saya?saya tertarik untuk membuat wedding organizer. Nah, saya mau buat WO yg berbentuk badan hukum sekalian, kira2 caranya gmn dan apa saja yang diperlukan?Perlukah modal yang langsung besar?

    kalu ada tolong donk sharing ke tan2rahmatan@yahoo.com

    Tks

  32. salam kenal…..
    saya wyga dari PT.Rentalindo Visual Mandiri…( salah satu perusahaan yang bergerak dibidang jasa rental multimedia ( Lcd Projector (all size) , screen buil up ( all size ) , plasma TV n plasma display , documentasi foto dan shooting ,laptop , printer laser jet dan desk jet , mesin foto copy , orion/MPDP ,hard screen , LED indor dan out door , dan masih banyak lagi jenis dan ukuran nya ) perusahaan kami juga sudah tersebar di beerapa kota-kota besar di Indonesia seperti di Jakarta ( head office ) , bandung ,semarang , surabaya , malang ,solo , jogjakarta , bali , makassar , balik papan , medan dan palembang…
    kami ingin mengajak kerja sama kepada rekan-rekan , terutama untuk rental multimedia nya , yang bisa di gunakan untuk event meeting , seminar , launching , konser , wedding , Gathering , dll.
    dan buat rekan-rekan yang ingin mengadakan event road show ga usah bingung-bingung lagi ……kita siap membantu event anda secara profesional…
    untuk info jelasnya hubungi 0274 – 9195076 / 0274 – 515636 ( wyga )
    Email : wyga_agung@yahoo.co.id

    event di mana pun , akan terasa lebih mudah apabila smuanya sudah terkoordinasikan dengan baik…kami menggunakan system jaringan…caranya , kita negoisasi harga dan barang , trs setelah kita sepekat…kami akan segera mengkoordinasikan dengan cabang kantor kami yang bersangkutan dengan event , untuk segera mengeksekusi semua nya…sampai akhir

  33. Hi semua..

    Aku sebagai DJ, mau doong ikutan isi acara di event2 kalian as the DJ..

    Fee nya jangan khawatir…
    =)

    Contact me yaa..

    REgards
    Kevin – DJ
    0856-883-1881

  34. Hi semua… salam kenal n izin nimbrung yak…

    Saya bergabung dalam sebuah organisasi keolahragaan,
    beberapa kali saya menyelenggarakan kegiatan keolahragaan tingkat kabupaten/kota hingga provinsi dan pernah berpartisipasi dalam penyelenggaraan event kejuaraan tingkat nasional.

    Saya sangat tertarik untuk mempelajari, menekuni dan terjun di dunia event organizer bila ada yg berkenan berbagi ilmu dipersilahkan kirim email ke haryant_56@yahoo.co.id

    terima kasih atas kesempatannya tuk berbuat, mudah2an bisa bekerja sama dan berkarya… Amin. ^_^

  35. Juragan Saya Pramudya dari Surabaya….Saya punya pengalaman Di EO sekitar 2thn bersama Rekan Saya….dan kami memutuskan bikin EO sendiri atas Modal Dengkul…Ternyata sulit juga buat Cari Prinsiple….Tolang petunuknya dunk…Padahal EO yang saya buat uda ernaung dibawah CV..Tlong Bos kasih saya Solusi….Trimakasih.

    1. Sudah memiliki legalitas perusahaan tidak menjamin mudah mencari prinsiple… seharusnya pengalaman kerja di EO menjadi modal untuk mendapatkan link. modal networking sangat penting dalam setiap bisnis, begitu juga bisnis EO. Bahkan tanpa mempunyai legalitas perusahaan, sebuah EO bisa mendapatkan prinsiple dengan mudah karena memang sebelumnya sudah memiliki networking yang kuat..

  36. Halo,
    Saya bekerja di sebuah Station Bandung, kebeteulan saya dipercaya untuk memegang EO di perusahaan…namun karena Radio tempat saya bekerja ini terbilang baru, jadi EO kami bernaung di luar legalitas Radio…yang ingin saya tanyakan, apabila EO kami ingin menjadi satu naungan, apa perlu memperluas ijin usaha? bagaimana caranya? trimakasi

  37. Saya Irma di Medan ingin membuat EO Professional tapi tidak tahu harus memulai dari mana, untuk teman2 & rekan2 yang juga berminat membuat EO terutama di Medan bisa bekerjasama dengan saya, silahkan hubungi saya di 08126322035 atau email : bisnismoney@yahoo.com, tq sebelumnya, salam EO

  38. Salam kenal,, saya EO dari Jambi. Saya punya basic 5 tahun di bidang sound system, lighting dan multimedia. Bagi teman2 yang ingin mengadakan event di jambi bisa menghubungi saya di robby_xo@yahoo.com atau Hp : 085366006666. Terima Kasih.

  39. saya sedang ingin mendirikan E.O., tapi saya sedang kebingungan tentang izin opearasional dan akta notaris dan bla..bla..bla…
    lo bisa sih minta no hpnya mas,, bnyak hal yang ingin saya tanyakan,, ya jika masnya tidak keberatan tuk berbagi informasi lebih lanjut,, jazakumullah.

  40. tolong saya dikirimi alur pembuatan EO mulai dr start sampai finish…..dan sekiranya kebutuhan management apa aja yang akan saya pakai……..thanks

  41. Kami Eo Lokal Dilampung siap bekerjasama bila anda ingin melakukan sebuah event dsb, kami siap membantu, hub kami; 081272041707

    Ahmad Saputra
    Simple Promotion Project

  42. Kami Eo Lokal Dilampung siap bekerjasama bila anda ingin melakukan sebuah event dsb, kami siap membantu, hub kami; 081272041707

    Ahmad Saputra
    Simple Promotion Project

  43. Waktu masih kuliah saya dan teman-teman pengalaman jadi eokecil2 an dengan mengadakan seminar. dan sellau sukse acarany. tapi sekarang saya kok kembali ragu buat eo karena sudah sangat jauh dari teman2 semasa kuliah dulu

  44. Salam kenal gan…

    Sy irfan, sy sedang membuat wedding organizer, mohon infonya dan tips dari agan2 apa saja yg perlu di perhatikan dalam merintis suatu WO. dan bagi agan2 yang punya pelaminan, tenda, baju pengantin dan catering yang bisa sy ajak kerja sama bisa hub sy di
    085694483406 (irfan) email : irfanariandi@gmail.com

    Pangsa pasar yang telah sy dan rekan2 rencanakan cukup luas, sy tunggu kepercayaan agan2 untuk bekerja sama dengan kami.

    Terima kasih,

    Romeo Wedding Organizer.

  45. Salam,
    Perkenalkan, kami Sebuah Wedding Organizer & Entertainment yang sudah cukup lama eksis di Ibu kota..
    Bila ada teman2 yang tertarik untuk mengenal lebih lanjut mengenai bisnis atau “How To be a Wedding Organizer” silahkan kirimkan email ke kami:)
    kami membuka training gratis di bulan agustus kepada 20 pendaftar pertama:) semoga bermanfaat:)

    Terimakasih,
    Caesar Entertainment & Organizer

  46. trmksh untuk artikelnya..sangat membantu…
    temen-temen bisa kasih list sponsor untuk daerah jawabarat gk yang selalu suplai membiayai event..klo punya ditunggu share nya ya..di roedyn@yahoo.com…trmakasih..

  47. salam kenal semua, saya fanca saputra.
    saya sama sekali bukan salah satu crew di EO manaoun.
    tp saya berminat bergabung di salah satu EO di jakarta,,, saya cm lulusan SMA n saya skarang bekerja di salah satu rental sound system di jakarta.
    jika bapak/ ibu tertarik untuk mengajak saya bergabung harap hubungi saya di 085715654305
    trimakasih atas perhatiannya,, smoga ada yg tertarik untuk mengajak saya bergabung

  48. Hallo Rekan2 Pengusaha EO,

    Saya dan beberapa rekan sedang merencanakan utk membuat event Edukasi bagi Masyarakat di kota Semarang, Jogja, Surabaya & Denpasar.
    Bagi Rekan2 EO yang berdomisili di kota2 tsb, saya membuka diri untuk bekerja sama.
    Bagi yang berminat, harap menghubungi saya di : dhayatama@ymail.com

    Terima kasih.

  49. Hallo Rekan2 Pengusaha EO di Semarang, Jogja, Surabaya & Denpasar

    Salam Perkenalan,
    Saya dan beberapa rekan sedang merencanakan untuk membuat event ttg Edukasi Keuangan di kota Semarang, Jogja, Surabaya & Denpasar.
    Bagi Rekan2 Pengusaha EO yang berdomisili di kota2 tersebut, saya membuka diri untuk bekerja sama.
    Bila berminat, silahkan kirimkan Profile Company EO Rekan2 ke : dhayatama@ymail.com

    Ditunggu paling lambat 30 September 2011.
    Terima kasih.

  50. salam hangat buat rekan2 senusantara yg berkecimpung di EO

    semangat pagi,,,
    dan tetap smagat

    sy mgkn sbg pemula
    mau share ke rekan2 yg sudah lama berkecimpung
    mohon dunk penjelasan
    syarat2 pendirian y
    mengenai prosedur perijinan y

    thanks
    buat yg rekan2 yg sedang
    myelenggarakan event
    met sukses z

    email ke sni y
    khairum_raja@yahoo.com

  51. Permisi Selamat Sore Rekan-Rekan sekalian yang berkecimpung dalam Event Organizer (EO).
    begini bapak/ibu atau saudara/i..
    saya sedang kebingungan mencari magang EO di daerah Jakarta ,,
    saya mahasiswa. namun pada saat SMA, saya bekerja sampingan dalam EO dan Wedding Organizer (WO).. dan juga saya sering dapat penugasan sebagai Master of Ceremony (MC). atau apapun penugasannya maka itulah tugas yang harus saya kerjakan

    Jika para saudara/i pemilik EO sedang membuka lowongan,
    bisa hubungi saya di : bambang_ji@rocketmail.com

  52. hallo saya deni. saya sedang merintis EO saat ini . dan masalah tmn bisnis saya sudah ada dan siap untuk berjalan tetapi untuk investor nya belum ada . karna saya tidak mempunyai modal yang bayak . dan jika da yang ingin menjadi investor buat EO saya bisa hub.02193490475

    1. salam kenal mas deni…

      smga sukses dg EO brunya,perkenalkan saya sefi, saat ini saya bekerja di salah satu perusahaan agency dijkt. jika nanti mas deny butuh SPG, Usher, TL, atau SDM yang lain bsa hubungi saya di email sefiani@primesynergie.com bukan hanya utk wilayah jkt, tp luar daearah jg bsa.
      Thx…

  53. selamat pagi..

    saya gisella mahasiswi dari PNJ dengan program study event management/MICE ingin mencari tempat magang untuk bulan juli,,,,
    saya pernah mengikuti beberapa event baik didalam kampus ataupun di luar kampus.

    jika rekan-rekan atau bapak/ibu yang memiliki perusahaan event organizer yang berbasis PCO atau PEO dan sedang ada lowongan magang bisa memberikan informasinya mengenai persyaratan magang dan nomor telepon yang harus saya hubungi..

    ke email saya di gisellaseptia@yahoo.co.id

    atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih

  54. Halo salam kenal..Sy Dwi K dari Yogya. Mo nanya nih Bang…sebenarnya bgmn sih EO membuat besaran tarif? Krn dari buku2 EO yg ada, tidak ada yg nyebutkan berapa bayaran menyewa EO. Makasih banyak…Salam sukses..

    1. Kalau kita mengajukan tender ada yang namanya Management Fee. besarannya sekitar 15-25% dari total anggaran biaya yang akan kita keluarkan di event tersebut. Total biaya event yang kita tawarkan biasanya adalah besar anggaran biaya + Management Fee. Regards..

  55. saya baru ingin mendirikan sebuah event organizer..
    tapi saya tidak memiliki pengalaman banyak tentang eo..
    saya sudah mempunyai rekan skitar 4 orang…
    tapi kami bingung untuk memulai awal dari mana..
    mhon sharenya buat rekan rekan saya tggu
    nightmare0728@rocketmail.com
    089636338424
    saya tunggu share baik dari rekan2
    terima kasih
    sofyan hadi

    1. sebelumnya eo nya dalam bidang apa ya??
      saya mahasiswi yang kuliah mengambil jurusan event management atau MICE di Politeknik Negeri jakarta,,,

      saya dapat membantu jika ada yang ingin ditanyakan,,,

    1. Tergantung model EOnya, Mas..kalau EO nya itu EO promotor (Modal awal dan konsep event datang dari EO kita), CV atau PT belum urgen ketika kita memulai. Pajak yg dibayarkan biasanya pajak langsung seperti pajak hiburan (tiket) dan pajak reklame. Kalau EO nya EO pelaksana dimana event yang dikerjakan didapat dari tender sebuah perusahaan yang akan menyelenggarakan event, CV dan PT menjadi urgen untuk kelengkapan dokumen tender. Regards..

  56. helo rekan-rekan EO..
    saya tertarik dgn dunia EO sejak SMA dan saat ini saya ingin menjadi bagian dari EO.
    saya mahasiswi Unair jurusan manajemen yg sedang mengerjakan skripsi.
    jika ada rekan-rekan EO di Surabaya yg berminat mengajak saya gabung untuk event kalian, silakan hubungi:
    085731635426
    ratnapradewinta@gmail.com
    terima kasih

  57. Saya seorang mahasiswa jurusan kimia d salah satu perguruan tinggi d. Bandung..
    Saya ingin sekali terjun k dunia EO, khususnya WO.. Cita” saya sendiri, saya ingin sekali mempunyai perusahaan WO, tapi saya cuma mahasiswa biasa, dan saya bingung apa yang harus saya lakukan pertama kali ??? Mohon saran nya… Terimakasih…

  58. Salam kenal

    Saya Rio dari EO S-Pro yang berada di wilayah Lampung, bilamana rekan-rekan yang ingin mengdakan suatu event, seminar dll, saya siapp membantu anda untuk diwilayah Lampung, hubungi saya di 081272041707 (RIO)

    Salam

    Rio
    S-Pro the best your solution

  59. misi mas. saya pengen mendalami EO ini.. tp kendala utama adalah modal. kami dari kalangan yg bener2 mepet. tapi ada niat dan keinginan untuk mengembangkan bisnis ini mas. ada tips n triks ketika no modal? atau misalnya kalo WO, bisa kasih tips ketika kita ndak ada modal?

    1. Modal finansial penting mas..tapi yg paling penting modal jaringannya dulu..gimana memulai dan cara2 ngejalaninnya juga sudah tau..itu juga jangan cuma dalam bayangan..sudah harus jelas. Nah, kalau itu sudah beres..modal finansial mudah didapet Mas..bisa cari investor atau ngajuin kredit ke Bank..

      1. Maff mas mw tanya2..
        EO qta sdh berjalan kuranf lebih 1 th dn event km cm kecil2’n promoin band2 indie dr cafe2 kecil d jkt..
        Yg sy mw tanya sy ingin sekali bikin acara besar cm kendala masalah perijinan di polres dn ke amanan sekitar..itu gmn yah caranya dan apa saja yg mesti sy ajukan untuk dpt ijin dr polres dan keamanan setempat… terimakasih untuk pencerahan nya.
        cettaproductio@gmail.com

  60. Assalamualaikum…
    saya mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga
    saya sangat tertarik dengan dunia EO.khususnya Wedding Organizer.
    dan bercita=cota kelak pengen banget mempunyai WO,tetapi itu kan juga butuh proses…sekarang saya sudah mengikuti berbagai macam kepanitiaan hingga acara nasional.
    tetapi untuk WO,,,,saya menginginkan magang untuk menambah pengetahuan saya semua tentang WO.
    adakah yang ingin mengajak saya tuk belajar??(magang*red)

    hubungi saya di (085745955560)
    emycholida@yahoo.com

  61. Salam Kenal Kami berkecimpung di bidang EO sudah 2 Tahun Lebih Khususnya di Produk Rokok Butuh Investor Serius u/ menjalankan event Promo PT. Gudang Garam Tbk Area Cirebon,Tegal,Purwokerto, dan Tasikmalaya..Dijamin 100% Aman dan Resmi melalui sistem yang sudah berjalan..Kami tawarkan Investor Fee sebesar 15% dari nilai Project yang berkisar 100jt sd 300jt per kuartal…Apabila Berminat Hub. kami di 085641918248 Cp. Dany..kami siap untuk Presentasi Project kami

  62. untuk perijinan EO apa aja ya? soalnya klo tender kan suka diminta ada kelengkapan dokumennya…bisa bantu sharing ya untuk pengurusan perijinannya.thx

  63. Permisi, saya Melati, saya ingin bertanya.
    Jadi saya diajak teman saya untuk membangun EO. Untuk modal full berasal dari teman saya itu. Dan saya ditunjuk jadi konseptor. saya mendapat gaji pokok+komisi per event. Dan nama saya dicantumkan untuk legalitas perusahaan EO tsb. yang ingin saya tanyakan adalah apakah saya sharusnya jg mendapat komisi tambahan lg sbg nama yg dcantumkan untuk legalitas perusahaan? kalau iya, apakah ada aturan mengenai pembagian komisi utk pemegang nama di legalitas perusahaan EO? terimakasih banyak sebelumnya.

  64. Ane sudah sekitar bekerja 4 Tahun mengabdi di Event Organizer,
    3 Tahun Jadi Crew kemudian naik Jadi project Officier sampai sekarang.
    kantor ane bekerja ada di berada dijaksel dengan client2 perusahaan ternama.

    dikantor yang bergerak di Event Organizer Brand Activation, Sampling Product, social marketing,
    otomatis teknik lapangan sudah mengetahui kurang lebihnya.
    mulai dari permit, venue, production, rekanan dll.

    sudah mempunyai pegalaman Teknik Konsep Event.
    ingin rasanya mempunyai EO sendiri lelah bekerja dengan orang.
    Team ane udah ada semua, solid, kuat komitmen.

    kita Lagi mencari kuncuran dana investor buat ngontrak rumah atau alat-alat office lainnya.

    inilah team kami yang siap keluar semua dari Kantor lama jika mendapat kuncuran dana dari investor.
    sebenernya ide membuat EO udah ada dari 6 tahun silam, cuman terbentuk masalah modal, lalu kita sementara waktu jadi budak orang dulu :((

    * Project Officier
    * Creative (Freelance Web Design, Logo, Icon, Ilustrator)
    * Staff Senior EO Consultant
    * Crew bawaan ane selama Freelance dikantor ini.
    * Accounting Finance ( Pegawai Kontrak 6 Tahun di perusahan BUMN)
    * Marketing (pegawai Kontrak Minuman soda)
    * Media Creative ( Photographer skill Intermediate)
    * IT Staff (pegawai Kontrak Web Programming BUMN)

    kalo berminta kerja sama bangun perusahaan ini hayuuk.

    contact us email : production.redant@yahoo.com

    Regards

    Red Ant

  65. nice info bgt. saya sri dari cirebon. saya dan teman2 kebetulan ada rencana untuk membuat event organizer, kami sudah sering menangani event untuk acara di kantor kami bekerja seperti event anniversary perusahaan, buka puasa bersama, outing perusahaan dan macam2 acara lainnya yang biasa perusahaan kami adakan. kami pun sudah memiliki beberapa relasi yang biasa mendukung acara hanya saja masih sebatas wilayah cirebon. kami sangat ingin mengembangkan usaha ini menjadi sebuah bisnis dengan team yang solid. kami sudah memiliki nama perusahaan hanya saja belum berbadan hukum. mohon untuk info dan saran tentang EO. contact us email : bhy.aeera@yahoo.co.id

  66. Hai, aku lagi butuh kerja nih… jd panitia apapun boleh kok.. daerah ku di jakarta timur
    Pengalamanku : pernah jadi panitia event di sekolah, gereja, dan kuliah..

  67. saya lagi mencari rekanan EO nih untuk seluruh indonesia… saya dari lumOs production ( PT. Garuda Kencana Mas) domisili di jakarta,dan sering dapat job untuk daerah , barangkali berminat sila add pin saya 74b62151, cp 081373460555, semoga kita bisa bekerjasama…

    1. Hallo… saya Maya Berusia 24 Thn saya ingin sekali bergabung dengan tmn2 yang sudah memiliki team EO, saya berdomisili di Depok, apakah masih ada lowongan?

  68. Dari dulu cita” saya memiliki sebuah EO….beberapa kali bikin acara music kecil”n dari parade sampai festival…sukses sich…karena pakai modal sendiri….ada niat mencoba memberanikan diri membuat acara lbih besar…keinginan bisa menampilkan salah satu band punk rock asal Bali…superman is deat…sfah ketemu n ngobrol sama managernya…ibu lia pasaribu…beliau minta proposal yg saya buat…dan saya pun memberikan..proposal itu dan ibu lia pasaribu pun siap bantu karena saya salah satu yg aktif di comunitas pencinta SID. dengan satu syarat harga tiket g boleh lebih dari Rp.20.000
    Krna kemahalan buat outsiders. Saya pun mengiyakan…tp saat tahap kedua nyebar”n proposal ke perusahaan” yg saya harap mau menjadi sponsor . satu persatu kawan” saya mengundurkan diri karena merasa hal yg g mungkin bisa terwujud. Tdnya optimis saya nekad buat jalani sendiri…wlau pun saya msih awam…hanya modal nekad…tanpa ilmu…dan ternyata gagal total sampai saat ini impian aq blm terwujud…sukses yach kawan” kata mak erot yg saat ini sudah besar dahulu awalnya kecil…hihihi

  69. halo guys, saya mau buat EO, pengalaman saya belum terlalu banyak tapi udah cukup paham dalam menjalankan dan mengkonsep semua acara.
    Saya gak punya modal, bisa gak yah klo jalanin acara tapi gk harus buka CV atau PT dulu, dan ntuk hal pertama yang harus dilakukan apa yah?
    Tolong share dong abang n kk ke bilalabudan@gmail.com
    kalo yg mau ajak kerjasama juga boleh:)

Leave a Reply

