Awas Tetralogi Laskar Pelangi Bajakan!!

Hari ini saya baru saja mengambil stok buku di sebuah penerbit. Pada saat bersamaan, ada salah satu pembaca novel ini yang datang mengajukan komplain mengenai kecacatan buku Laskar Pelangi yang dibelinya. Namun setelah diteliti dengan seksama, ternyata buku tersebut ”Palsu” dan ”malsu” alias bajakan.

Kemahsyuran novel ini ternyata menginspirasi para pembajak untuk mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Padahal sebagian royalti dari penjualan buku ini akan disumbangkan untuk mewujudkan Sekolah Laskar Pelangi di tempat kelahiran Andrea Hirata. Benar-benar pembajak yang LICIK dan TIDAK BERPRIKEMANUSIAAN.

Agar tidak tertipu, saya akan memberikan tips membeli novel Tetralogi Laskar Pelangi versi Asli.

1. Jangan tergiur dengan tawaran harga miring yang di berikan oleh si penjual. Novel asli dijual dengan diskon antara 15% – 25%.

2. Untuk kasus lain, terkadang si penjual menawarkan harga yang cukup tinggi. Yaitu, antara Rp. 45.000,00 – Rp. 60.000,00. Apabila anda menemukan kasus ini, ikuti tips selanjutnya.

3. Yang paling mudah dilakukan adalah lihat tampilan fisiknya dan tentu saja adalah kover bukunya. Pertama, lihat warnanya (versi asli mempunyai warna yang sedap dipandang mata, tidak terlalu buram dan tidak terlalu terang. Kedua, versi asli diberi UV spot pada judul bukunya (untuk novel #3 : Edensor, ditambah dengan emboss). Ketiga, amati dengan seksama disain grafis kovernya (versi asli mempunyai grafis yang tajam dengan pixel yang proposional).

Semoga bermanfaat!

8 thoughts on “Awas Tetralogi Laskar Pelangi Bajakan!!

  1. salam kenal ya mas, wah ada teman baru pecinta buku neh, tak tambah di link-ku ass my friend yah….ak anggota pasar buku juga mas. Payah emang Indonesia…ditarik aja mas yang palsu, perlu ada operasi pasar ne..he..he…

  2. Salam kenal juga.wah member pasar buku juga yah?!
    Denger-denger pihak penerbitnya sudah melaporkan kasus ini ke polda DIY.
    Moga-moga kasus ini cepat kelar agar kreativitas di Indonesia tidak lagi harus terusik manusia-manusia biadab!!
    Amiin..

  3. Dosa si pembajak lebih besar dari koruptor mas..karena dia mengambil hak anak anak miskin yang ingin melanjutkan sekolah. Jangan kuatir Allah Maha Tahu….Ada banyak download gratisan, menurut saya ini juga tidak etis. Beberapa malah disediakan oleh blogger yang cukup terkenal.
    Sempat saya tegur baik baik tapi malah disemprot balik.

  4. kami udah punya 3 buka (tinggal maryamah karpov yg belum)..
    entah bajakan gak ya..
    soalnya beli di gramedia sih..yg jelas punya bentang budaya..
    ngeceknya gimana ya?

    salam kenal

  5. @OP : wah sori nih baru bisa balas komen-komen. Maklum, anak lapangan yang harus bener-bener nyempatin diri buat duduk manis di rumah sambil ngadep leptop + ngenet.
    Hmmm… Jangankan buku, sawah aja dibajak… namanya juga negara agraris, mau gimana lagi.
    Wah kalo account goodreads belum punya, dulu sempet pernah pingin sign up setelah dapet informasi dari temenku, tapi belum kesampean.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s