Perjalanan Andrea H Dari Jawa Barat-Jawa Timur

Kurang dari waktu dua minggu, kesibukan Andrea H tak pernah berhenti. Dimulai dari kota Depok kampus FISIP UI (21/2), kegiatan Andrea H H masih terus berjalan mengelilingi kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, kembali lagi ke kota yang ada di Jawa Barat, kemudian ke Jakarta, dan selajutnya Andrea H H akan ada di Surabaya, Jawa Timur dengan tema acara yang bertajuk BOOK REVIEW & MEET THE AUTHOR Buku Laskar Pelangi di Universitas Widya Mandala pada (1/3) nanti
Bagai magnet, eksotika pulau Belitong yang kemudian membekas dalam diri Andrea H selalu menyedot perhatian banyak orang. Tidak heran, bahkan sampai duta besar Hongaria pun tertarik dengan naskah Laskar Pelangi dan bermaksud menerjemahkannya ke dalam bahasa Hongaria. Ternyata, Pak Dubes yang bernama asli Mihaly Illes ini adalah pembaca karya-karya sastrawan Indonesia. Nama besar Pramoedya dengan tetralogi Bumi Manusia ia kenal dengan baik. Tidak terkecuali Laskar Pelangi yang liputan khususnya sempat muncul di media nasional yang ada di ibu kota, Jakarta.

Seperti diskusi Andrea H lainnya, misteri di seputar tokoh-tokoh Laskar Pelangi selalu menarik ditanyakan. Lintang, permata nan terang yang menyentuh banyak sisi emosional pembaca, keberadaan A Kiong dan tokoh-tokoh lainnya membuat banyak pembaca tergoda, serta bagaimanakah nasib para anggota Laskar Pelangi setelah mereka dewasa. Karena itu, diskusi yang sudah melewati angka 150 kali dalam dua tahun ini, relatif masih berputar pada isu yang sama-kecuali tentu saja karya berikutnya yang sudah tak sabar dinanti, Maryamah Karpov.

Sayangnya, akhir-akhir ini acara Andrea H harus dinodai kekecewaan karena beredarnya buku bajakan di antara pembaca yang mau tidak mau harus ditanda tangan pula. Membeli buku bajakan tidak saja merugikan banyak pihak, melainkan menghalangi cinta dan cita-cita Andrea H dalam upayanya membangun kembali sekolah Laskar Pelangi di Belitong. Jadi, kawan-kawan, belilah hanya buku-buku Andrea H yang asli novel Trilogi Laskar Pelangi.

Disadur dari milis Pasar Buku yang ditulis oleh PT. Bentang Pustaka

2 thoughts on “Perjalanan Andrea H Dari Jawa Barat-Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s