It’s Been A Long..Long Time!

Hishasiburi!!..O genki Desu ka?

Ya, kalimat dalam bahasa Jepang di atas kurang lebih memiliki arti “Lama tidak berjumpa, apa kabar?”. Ungkapan tersebut saya rasa tepat untuk memulai sebuah tulisan baru di blog saya yang kira-kira sudah saya tinggalkan selama.. Ya! 4 tahun kurang 2 hari. Tulisan terakhir saya yang sebenarnya adalah tulisan dari Bapak Robby Mamora diposting pada tanggal 12 Oktober 2008.

Entah mengapa dulu saya sempat berhenti menulis, mungkin karena kesibukan atau mungkin juga karena malas. Melalui tulisan ini, saya juga sekaligus ingin memohon maaf yang sebesar-besarnya untuk pengunjung blog ini, yang sudah meninggalkan komen dan atau bertanya, namun sampai saat ini belum saya respon.

Tentunya selama 4 tahun ini banyak sekali dinamika-dinamika yang terjadi dalam kehidupan pribadi dan karir saya. Saya akan sedikit bercerita tentang dinamika-dinamika yang terjadi selama kurun waktu 4 tahun ini. Mungkin di blog ini, saya banyak menulis tentang bisnis di bidang Event Organizer. Sayang sekali, bisnis ini sudah saya tinggalkan sejak hampir 2 tahun lalu karena beberapa alasan.

Menjadi Sarjana Teknik

Tahun 2010, tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2010 saya menjalani sidang pendadaran sebagai syarat menyandang gelar Sarjana Teknik. Alhamdulillah setelah hampir 1,5 tahun bergumul dengan Tugas Akhir, akhirnya saya dinyatakan lulus dengan nilai TA dan sidang yang sempurna. Total 6 SKS dengan nilai A. Sebagai seorang mahasiswa (nyaris) abadi, karena saya menjalani masa perkuliahan saya selama hampir 7 tahun, kelulusan ini menjadi hal yang sangat istimewa.

Melanjutkan Bisnis Event Organizer

Semasa mahasiswa, saya beserta beberapa teman sempat mendirikan sebuah EO yang khusus bergerak di bidang Exhibition. Kami memulainya kira2 pada tahun 2007.  Selepas lulus kuliah, saya tetap melanjutkan bisnis EO ini hingga pada akhirnya pada permulaan tahun 2011, saya memutuskan berhenti. Dalam jangka waktu itu, ada beberapa event besar yang pernah kami kelola. Tidak hanya di Yogyakarta, namun juga sempat merambah Semarang, Malang, dan Surabaya.

Memutuskan Berhenti Dari Dunia EO

Alasan utama dari keputusan saya ini adalah orang tua. Orang tua saya memang bukan tipe orang tua yang terlalu konservatif. Namun, ketidaknyamanan orang tua terhadap pekerjaan saya menjadi salah satu alasan kenapa saya memutuskan berhenti. Saya seorang Sarjana Teknik, dan juga memiliki kemampuan yang cukup mumpuni di bidang engineering, minimal itu yang disampaikan dosen-dosen saya dan beberapa orang yang mengenal saya. Kebetulan, ayah saya adalah seorang Doktor lulusan RWTH Aachen Jerman di bidang instrumentasi nuklir. Bisa ditebak, apa yang ada dipikiran beliau terhadap pekerjaan yang saya geluti. Alasan kedua, Semenjak menyandang gelar sarjana, desakan orang tua untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang saya pelajari semakin menguat. Sehingga pada akhirnya saya diterima kerja di sebuah perusahaan manufaktur, tidak tangung-tanggung, saya diterima oleh salah satu perusahaan Jepang. Dan sialnya (pikiran saya pada waktu itu) perusahaan itu tidak di Indonesia, tapi di Jepang!

Nihon De Shigoto Shimasu (Bekerja di Jepang)

Tepat tanggal 14 April 2011, pertama kalinya saya menginjakkan kaki di negeri matahari terbit, Jepang. Ini memang bukan pertama kalinya saya tinggal di negeri orang, namun ini pertama kalinya saya merantau, dan sendiri. Saya diterima di sebuah perusahaan manufaktur bernama Nagata Seiki Co,. Ltd. sebagai seorang Instrumentation and Control Engineer. Pekerjaan saya adalah mendisain sistem instrumentasi dan kontrol dari mesin-mesin yang kami produksi serta membuat software control yang nantinya digunakan untuk mengoprasikan mesin-mesin tersebut. Pekerjaan yang cukup kontras, mengingat saya lebih banyak berkecimpung di dunia EO semasa kuliah ketimbang mengutak-atik hal-hal berbau engineering seperti itu. Namun, dengan berjalannya waktu, saya mulai menikmati bidang pekerjaan saya sekarang, di bidang engineering. Dan pengalaman ini, bagi saya amat sangat berharga.

Memulai Kembali Berbisnis

Nampaknya 1 tahun saya menjadi seorang karyawan, tak menghilangkan semangat saya untuk menjadi seorang wirausahawan. Saya mendirikan sebuah perusahaan pada tahun 2012. Perusahaan ini bergerak di bidang photography kami beri nama Studio Mainmata dan belum berbadan hukum. Saya sendiri tidak berharap menghabiskan seluruh waktu saya di Jepang. Suatu saat nanti, saya akan pulang ke Indonesia dan terjun langsung ke perusahaan yang saya dirikan dan mungkin saja mencari peluang untuk mendirikan perusahaan di bidang engineering tentunya.

Leave a Reply

