Kalau bule, harus bilang WOW gitu?

Istilah “bule” berasal dari evolusi pelafazan / pengucapan istilah “bulai”, kata nomina yang didefinisikan KBBI IV sebagai “putih seluruh tubuh dan rambutnya karena kekurangan pigmen berwarna pirang” atau merujuk pada kelainan pigmentasi albino. Walaupun saat ini kedua istilah tersebut telah merujuk pada arti yang berbeda, latar belakang ini dianggap sebagai penyebab mengapa istilah “bule” dapat dianggap sebagai sarkasme oleh orang kulit putih. (sumber)

Kata-kata bule memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita, kata yang merujuk pada para turis atau expatriat itu, sudah teramat sering kita dengar di percakapan sehari-hari. Belum lagi, belakangan ini semakin banyak acara-acara televisi yang menampilkan para bule entah dengan maksud apa.

Secara umum, masyarakat kita memandang bule sebagai masyarakat kelas atas atau first class society, yang hebat. Dengan bangganya kita menyapa mereka dengan sebutan, “Hai, Mister!” apabila bertemu dengan mereka. Sementara penggunaan kata Mister atau Mistress sejatinya digunakan sebagai bentuk penghormatan atau dalam rangka menunjukkan kesopanan. Mungkin saja, ini efek dijajah selama lebih dari 3 abad. Merasa bahwa bule itu pasti terhormat dan lebih tinggi derajatnya daripada bangsa kita sendiri. Akibatnya, apa-apa yang berbau bule pasti laku. Misal, sebuah restoran yang mempekerjakan Chef asal Italia, hal itu akan menjadi nilai jual bagi restoran tersebut. Padahal belum tentu, kemampuan Chef tersebut lebih baik daripada Chef-Chef lokal kita sendiri.

Saya cuma ingin kita berhenti merendahkan bangsa kita sendiri, mulai membuka mata kalau anak-anak bangsa kita ini banyak yang berprestasi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Ada fakta menarik yang disampaikan oleh @kurawa melalui akun twitternya mengenai ekspatriat yang bekerja di Indonesia. Bisa disimak disini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s