UNGRADUATE = BILLIONAIRE ?

550321_10151245296543620_1570679251_nSiapa yang tidak mengenal Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg? Saya yakin hampir semua orang pasti mengenal mereka. Ya, Bill Gates dengan Microsoft-nya, Steve Jobs dengan Apple,Inc.-nya, serta Mark Zuckerberg dengan Facebook-nya yang fenomenal. Satu hal lain yang membuat mereka menjadi fenomenal adalah status drop out mereka dari kampus mereka masing-masing. Di Indonesia, ada nama Arief Widhiyasa, CEO Agate Studio yang drop out dari kampusnya di ITB.

Bagi sebagian orang, status drop out serta miliyuner di jagad teknologi adalah sebuah role model yang tepat untuk menggambarkan bahwa tak harus menjadi seorang sarjana untuk bisa menjadi pengusaha. Anggapan ini memang benar, namun tidak tepat. Memang tidak ada korelasi antara tingkat pendidikan dengan banyaknya pendapatan yang bisa dihasilkan, namun kenapa tidak tepat? Tentu saja,kita harus mengetahui alasan mereka memilih, YA! MEMILIH!, drop out dari kampusnya.

Di dalam websitenya, Bill Gates menulis alasannya mengapa Ia memilih drop out dari kampusnya di Harvard University.

“Saya mencintai kampus. Sangat menyenangkan bisa berbicara dengan banyak orang-orang pintar sepantaran saya dan belajar dari profesor-profesor yang luar biasa. Namun pada bulan Desember 1974, ketika Paul Allen memperlihatkan terbitan Popular Electronics dengan Altair 8800 di sampulnya, kami tahu ini adalah awal dari sebuah perubahan besar. Altair adalah minicomputer pertama dengan chip mikroprosesor Intel 8080 .

Sejenak, Paul dan saya berpikir tentang bagaimana suatu hari nanti chip tersebut akan membuat komputer bisa terjangkau oleh orang biasa. Kami membayangkan bahwa menulis perangkat lunak yang menarik untuk perangkat ini bisa menjadi peluang yang sangat besar dimana akan banyak orang yang membelinya. Setelah Altair 8800 keluar, kami ingin menjadi yang pertama dalam memulai bisnis perangkat lunak untuk generasi baru komputer tersebut. Kami khawatir, jika kami menunggu, orang lain akan memulainya lebih dulu.

Ini merupakan keputusan yang sulit dan saya tahu bahwa orang tua saya memiliki perhatian mereka sendiri. Dan, sementara saya tidak akan pernah mendorong orang untuk drop out dari sekolah, bagi saya, hal ini (drop out) menjadi pilihan yang benar”

Sementara Steve Jobs memiliki alasan lain mengapa ia memutuskan untuk drop out dari kampusnya di Reed College, Pada acara wisuda Stanford University, Steve Jobs menuturkan alasannya mengapa ia memilih untuk drop out setelah semester pertamanya adalah karena ia merasa tertekan terhadap kondisi keuangan orang tuanya, ia berasal dari keluarga kelas pekerja dan Reed adalah sebuah kampus swasta dengan biaya yang sangat mahal.  Sehingga hampir seluruh tabungan orang tuanya habis untuk biaya perkuliahannya, sementara itu ia tidak punya bayangan apapun tentang apa yang ingin ia lakukan untuk kehidupannya dan juga bayangan bagaimana kampus bisa membantunya untuk menemukannya. Begitu ia drop out, di saat itu pula ia bisa berhenti mengambil kelas-kelas wajib yang sebenarnya tidak menarik minatnya, sebaliknya ia mulai mengikuti sesuatu yang menarik minatnya seperti mengambil kelas kaligrafi.

Lain cerita dengan Mark Zuckerberg, pada awalnya ia tidak sedikitpun terpikir untuk drop out dari kampusnya di Harvard University. Paling tidak, itulah yang ia katakan pada Peter Thiel, investor pertama Facebook. Peter Thiel tidak yakin dengan pendirian Mark untuk tetap melanjutkan kuliahnya dan mengatakan bahwa itu hanya omong kosong sembari memberikan cek senilai $500,000 kepadanya dan para founder Facebook lainnya. Suatu ketika, ia pernah bermimpi ketika melewati jalanan di Palo Alto pada suatu musim panas, “Apabila bisa menjadi salah satu bagian dari perusahaan-perusahaan besar di sini, saya pikir ini bakalan keren!”. Ketika pada akhirnya Facebook mendapatkan investasi pertama mereka, seolah-olah itulah yang membuat impiannya terwujud. Pada akhirnya, Mark Zuckerberg pun goyah dari pendiriannya dan memutuskan untuk drop out dan konsentrasi dengan bisnis barunya karena ia pun merasa bahwa kampusnya tidak begitu mendorong adanya inovasi.

Dari alasan-alasan mereka memutuskan untuk drop out dari kampusnya masing-masing, kita bisa melihat bahwa mereka punya alasan yang kuat dibalik keputusan mereka. Apakah mereka bodoh? apakah mereka drop out karena secara akademis mereka tidak berkembang? apakah mereka drop out karena malas? jawabannya tentu TIDAK! Mereka drop out karena merasa ada peluang lain yang bisa mereka ambil di luar bangku perkuliahan dan seandainya mereka tidak memutuskan drop out, mereka pun tidak bisa fokus dengan impian mereka masing-masing karena pikiran mereka masih harus terbebani dengan beban-beban kredit perkuliahan.

Jadi bagi kita yang kuliah tidak selesai-selesai atau bahkan tidak lulus karena di drop out, boleh saja tetap optimis bahwa kita tetap bisa sukses, tapi jangan jadikan Bill Gates, Steve Jobs, atau pun Mark Zuckerberg sebagai role model. Sering sekali terdengar dalam percakapan sehari-hari seperti,

“Kenapa gak secepatnya aja kamu selesaikan kuliahmu?”

“Ahhh..Bill Gates aja gak lulus kuliah bisa punya perusahaan segede Microsoft!”

Iya, itu Bill Gates, lha kita yang visi misi aja nggak jelas, apa ya bisa kayak Bill Gates? Semisal memang kita tidak merasa cocok dengan bidang perkuliahan yang kita ambil, kenapa masih tetap melanjutkan kuliahnya tanpa berani untuk drop out seperti apa yang dilakukan oleh Steve Jobs? Ingat, masih ada Sergey Brin dan Larry Page pendiri Google, paling tidak mereka pernah menjadi Ph.D candidate di Stanford University, meski pada akhirnya mereka juga memilih untuk drop out dari program Ph.D nya.

Jadi bagi yang masih kuliah maupun masih betah berlama-lama kuliah segera tetapkan apa visi misimu, apa passion-mu. Jika kamu menikmati perkuliahanmu, gunakan waktumu di kampus untuk meng-explore dan men-develop hal-hal menarik lainnya. Jika merasa tidak cocok, jangan paksakan, pindah..atau mulai jalankan apa yang menjadi kesenanganmu.

Selamat menikmati masa pencarianmu. jangan malas tetap optimis!

2 thoughts on “UNGRADUATE = BILLIONAIRE ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s